A. Masalah Waktu Pencatatan

Akuntan membagi umur ekonomis perusahaan ke dalam periode atau rentang waktu yang sifatnya artificial atau buatan. Hal ini mengacu pada time period assumption.

1. Tahun fiskal dan tahun kalender

Tahun fiskal dimulai pada hari pertama suatu bulan dan berakhir pada hari terakhir bulan ke dua belas. Sebagian besar perusahaan menggunakan jenis periode akuntansi tahun kalender, yaitu 1 Januari-31 Desember.

2. Akuntansi berbasis akrual dan berbasis kas

a. Akuntansi berbasis akrual, yaitu transaksi yang mengubah laporan keuangan perusahaan dicatat pada saat proses terjadinya.

b. Akuntansi berbasis kas, yaitu pendapatan dicatat ketika uanganya diterima dan beban dicatat ketika uangnya dibayarkan.

3. Pengakuan pendapatan dan beban

a. Prinsip pengakuan pendapatan, perusahaan harus mengakui pendapatan pada periode akuntansi tertentu di mana kewajiban kinerja terpenuhi.

b. Prinsip Pengakuan Beban, pengakuan beban dikaitkan dengan pengakuan pendapatan.

B. Dasar-Dasar Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode akuntansi agar pendapatan dapat dicatat pada saat dihasilkan, dan beban diakui saat terjadi. Setiap jurnal penyesuaian akan mencakup satu laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan.

1. Jenis-jenis jurnal penyesuaian

- Deferral :

a. Beban dibayar di muka: beban yang di bayar secara tunai sebelum digunakan.

b. Pendapatan diterima di muka: uang tunai yang diterima dan dicatat sebagai kewajiban sebelum pendapatannya di hasilkan.

- Akrual:

a. Akrual pendapatan: pendapatan yang telah dihasilkan tetapi belum diterima uangnya dan belum dicatat.

b. Akrual beban: beban yang telah terjadi namun belum dibayarkan uangnya atau belum tercatat. Akrual bunga jumlah akumulasinya ditentukan oleh 3 faktor :

  • Nilai nominal wesel bayar
  • Tingkat suku bunga pertahun
  • Jangka waktu wesel tersebut terutang.